Sunday, October 13, 2019

Pengalaman kerja pertama kali (Fresh Graduates)




Hai Blog yang udah kayak sarang laba-laba karena lama gak pernah posting. Maafkan kemalasanku ini. Tapi kali ini aku mau share pengalaman sangat berkesan tentang pengalaman kerja pertama kali. Jujur, pengalaman kerja pertama ini atau bahkan sampai saat ini adalah yang paling berkesan karena seperti pepatah, yang pertama selalu ada di hati kan.

Oke mari bernostalgia! Awal aku mulai kerja kantoran adalah tahun 2015 di bulan Juni. Sebelum kerja kantoran ini, aku sempet freelance diberbagai bidang sih seperti guru les SD, guru komputer, programmer, petugas entry data dan sensus lapangan BPS sampai nyambi jualan sama temen. Ada jeda waktu sekitar 8 bulanan untuk eksplorasi jadi freelancer sampai akhirnya kerja kantoran. Dimulai dari ikutan tes CPNS dan failed hingga berbagai freelance tadi itu udah dijabani. Sebenernya 2014 setelah lulus kuliah itu fokus ngurusi tes CPNS aja sih tapi setelah semesta tidak mendukungku menjadi PNS maka akhirnya mulailah pencarian kerja. 

Perjuangan jadi fresh graduated gak punya pengalaman itu berat. Apalagi aku lulusan Sarjana Pendidikan jadi bayangan saat itu yah pasti jadi guru kan di sekolah. Udah nyebar CV di sekolah-sekolah tapi belum ada panggilan karena salah satu kebodohan juga sih, aku salah nulis data no telepon di CV. Jadi sambil benerin CV dan nyebar lagi, aku ikutan projeknya BPS. Saat itu lagi sensus pertanian, jadi ikutan jadi staf entry data. Lumayan sih dapat uang sakunya. Dan beberapa saat kemudian ada yang tembus yaitu jadi guru komputer gitu di salah satu lembaga kursus komputer. Luamayan lah buat beli bensin sama beli paket data.

Sampai saat ini aku yakin banget namanya proses. Apa yang aku dapat sekarang adalah buah yang aku lakuin dulu. Kalo saat itu aku gak ada niatan apply buat jadi guru les komputer mungkin aku gak akan dapat kesempatan freelance lainnya yang bisa dapetin duit lumayan buat beli smartphone baru misal. Soalnya smartphone lama udah usang nan tua. Jadi, setelah aku punya smartphone baru itulah, aku mulai kenal dekat dengan jobstreet dan teman-temannya. Mulai mencoba apply-apply dengan lebih terstruktur dan tersistematis. Dan karena aku gak ada pengalaman apa-apa, kucoba apply jadi admin, tenaga IT, programmer dan ZONK (berat banget kalo gak punya pengalaman emang).

Hingga akhirnya ada satu kesempatan di bulan April, Aku mendapat panggilan buat interview di Surabaya (sebelumnya aku dapat panggilan juga di Surabaya tapi ortu gak ngijinin dan entah kenapa yang satu ini diijinin buat berangkat). Mulailah petualangan sehari dan sebatang kara di Surabaya. Saat itu rasanya deg-degan banget. Setelah sekian lama akhirnya ngerasain interview yang beneran, diluar kota lagi.

Pas interview sih normal aja, tanyain yan ada di CV dan pas pertanyaan gaji, jawaban aku sok iye banget (ketauan kalo emang nol banget di dunia kerja), sok pd aja jawab "kalo gaji saat ini saya belum tahu pak, tujuan saya ingin dapat pengalaman" Yaps, emang sebodo itu sih kalo pertanyaan tentang gaji, sampai sekarangpun kalo ada pertanyaan gaji aku selalu blank. (Dasarnya aku nerimoan sih, intinya silakan sodorin angka. Kalo minat yah pasti ku ambillah, kalo gak sesuai yah aku cari yang lain. Masih banyak pintu yang bisa dicoba kan).

Yah udah, interview pertama selesai dan pulang lagi ke rumah. Dan tanpa terasa sebulan sudah waktu berlalu dan gak ada tanda-tanda interview lanjutan. Aku mah yah udahlah pasrah aja. Saat itu juga lagi freelance ngerjain project BPS, jadi petugas sensus gitu jadi keliling desa sama bapak-bapak dari kecamatan. Lumayan lah buat nambah uang saku plus jadi tahu jalan-jalan tikus dan juga dengar petuah bapak-bapak di warung kopi siang-siang. Sungguh syahdu sih, siang panas terik pinggir jalan sambil liatin jalanan yang sepi dengan semilir angin. 

Lalu tanpa diduga dah diingat, tiba-tiba di pertengahan bulan Mei, aku dapat panggilan dari kantor itu lagi. Ditanyai tentang game-game dan kemudian disuruh dateng ke kantor lagi. Aku udah good feeling nih. Yah udah aku dateng pas hari Kamisnya kalo gak salah. Interview lagi dan dinyatakan ketrima dengan beberapa ketentuan yang saat itu aku gak mikir lebih (yang penting udah ketrima dan Alhamdulilah lah). Akhirnya aku jadi join di perusahaan itu di awal bulan Juni. Awal-awal masih seneng-seneng takut gitu. Tapi aku mikirnya, yah udahlah ini buat pengalaman. Lakuin aja!

Dan yaps dunia kerja dimulai!!! Deni resmi pindah ke Surabaya mulai Juni 2015. Jadi anak rantau lagi setelah 8 bulan di rumah."Hallo Surabaya, be nice yah" Batinku saat itu. Kerjaan resmi pertamaku adalah seorang community manager. Apa itu community manager? jadi tugas utama aku ada berhubungan sama customer (kebetulan produk dari prusahaanku adalah game, so customer ini adalah gamer). Aku manage sosmed, disini cuma Fanpage sih namun fanpagenya banyak banget (ada puluhan sesuai dengan produk gamenya yang banyak). Terus aku juga manage forum gitu. Kerjaannya enak online terus tapi ada aja yang bikin aku gak nyaman seperti masalah waktu kerja! 

Awalnya aku gak terlalu mikirin itu. Di benakku yang penting dapat pengalaman kerja. Karenanya saat ditawari kerjaan shift aku iya aja. Pikiranku yang terlalu jauh kedepan karena aku emang tipe anak yang harus ngerasain dulu baru ngeh.

Ternyata jam kerjaku itu bukan jam kerja kantoran. Jadi jam kerjaku mulai jam 13.00 - 22.00 tiap hari Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu. Terus Selasa setengah hari dari  15.00 - 20.00, hari Senin dapat shift malam jam 20.00 - 05.00 terus Rabu libur. Karena jamnya yang shifting gini jadinya aku kurang membaur sama karyawan lainnya. Dan hari Senin adalah waktu yang bikin deg-degan karena aku jaga malam sendirian. 

Huwooo. Sampai saat ini aku juga merasa heran sama diri aku sendiri ' Kok aku berani yah?' Padahal aku seorang penakut parah dan ketika jaga malam itu, perasaanku rasanya tawuran berontak dan gak berhenti adem panas gitu. Rasa takut dan enggan masuk kerja mendominasi tapi aku mikir "Yakali cuma segini aja kamu mau nyerah. Yok Den kuat yoook!". Sampai akhirnya aku kuat-kuatin. Pas jaga sendirian sengaja banget aku streaming film-film lucu atau nonton Ini Talkshow. Ya Allah, sungguh sangat berterima kasih sama Sule dan Andre yang bikin pikiranku teralihkan saat itu. Dan Alhamdulilahnya sampai aku memutuskan resign, aku gak menemukan hal-hal horror apapun. Alhamdulilah banget deh.

Aku bertahan di kantor ini selama kurang lebih 10 bulan. Ada trigger sih yang bikin aku mutusin resign. Awalnya karena habit tidur yang gak beraturan akhirnya aku insomnia. Dan karena istirahat yang gak tentu akhirnya mulai rapuh alias sakit-sakitan. Awalnya pusing-pusing doang. Beneran pusing dan gak ilang-ilang. Pas juga saat itu musim hujan kan. Pulang malam kehujanan deres dan akhirnya sakitnya gak sembuh-sembuh. 

Yang paling aku ingat kerja disini itu aku jadi sering nangis. Aku tipe yang jarang nangis, entah stok air mata yan nipis atau karena aku terlalu cuek dan sebodo amat kali. Tapi beneran, disini aku ngerasain yang bener-bener nangis kepiyer, besesek sampai sesek gitu. Ingat banget rasanya. Pas pulang malam hari jam 10an, saat itu hujan deres, helm basah tapi tetep dipakai aja meski kepala pusing dan aku nangis banget di atas motor pas jalan pulang. Itu tuh aku ngerasain sendiri rasanya nangis dibawah air hujan cem film-film. Berasa galaunya itu dapat. Gak takut malu meskipun nangis di jalanan gitu.

Sampai sekarang aku ingat banget rasanya dan aku bersyukur karena pernah ngerasain itu karena itu bikin aku makin bersyukur dan inget kalo aku pernah serapuh itu dan berusaha sok tegar. Dan jika ingat, kok bisa yah aku kayak gitu.

Aku sakit sampai pertengahan Januari, kemungkinan karena stress juga sih dan setelah sembuh total aku fix mutusin aku mau resign, inituh gak sehat buat diriku. Habis lebaran, dapat atau gak dapat kerjaan baru aku harus keluar.

Jujur, yang bikin aku kurang nyaman juga adalah aku ngerasa gak bebas. Aku bukan orang rame banget. Aku ambievert, sepi ayo - ramai ayo tapi disini aku merasa jadi introvert banget. Gak punya temen yang bisa diajak sharing dan rasanya tertekan dengan kesendirian. Mungkin seperti bom waktu gitu akhirnya meletup, aku gak kuat dan akhirnya sakit gak jelas selama sebulan itu..

Awal febuari aku udah ada plan buat resign habis lebaran dan nyoba aja apply-apply meskipun yakin kayaknya mustahil dengan pengalaman minim gini. Tapi aku berencana Allah berkehendak. Tiba-tiba aku dapat panggilan kerja lagi. Dan mungkin ini jawaban atas semua tangis dibawah hujan itu kali yah. Inget banget tanggal 5 Febuari 2016 aku ngadep bos aku dan bilang kalo aku mau resign dengan alasan yang emang real. Aku gak kuat kerja malam hari sendirian! Dan bos ngomong kalo sebenernya aku akan dipindah ke jam normal but it's to late bos.

Dan yak. Febuari aku memutuskan buat resign dan Maret 2016 aku masuk di kantor baru. Selamat datang kehidupan normal.


****

Dari sini, aku belajar banyak hal. Tentang berani menaklukan rasa takut dan sadar kalau manusia itu beneran gak bisa sendirian. Aku berjuang dengan caraku sendiri, mungkin orang lain ngomong 'Baru sebentar kenapa pindah sih, sayang loh', 'Kamu bosenan banget jadi orang' Dan pernyataan ini aku dapat dari orang yang dekat banget. Saat itu aku cuma senyumin aja. Aku males cerita karena saat itu aku masih belum bisa bercerita sambil ketawa kayak sekarang. Lagian kamu gak bakal tahu sekeras apa aku nangis tiap malam, secapek apa aku nahan, setakut apa yang aku rasain hingga rasanya itu badan adem panas. Kamu gak tahu apa-apa. 

Aku belajar jadi manusia sih, nangis bukan berarti lemah. Kamu perlu sesekali nangis saat kamu merasa gak kuat karena kamu manusia. Kamu punya kapasitas yang gak semua kamu bisa. Kamu kuat dengan cara kamu. Nangis emang gak menyajikan solusi tapi it's okay jika itu bisa bikin sedikit hati kamu plong. Kamu, iya kamu manusia dan kamu bebas mengekspresikan apapun yang kamu rasakan. Keluarkan saja dan nikmati semua prosesnya.

Kalo ada yang nyeletuk, "Ngapain sih tetep bertahan. Solusi simple kan langsung mundur aja pas udah ngerasa gak nyaman!" Andai kata aku seorang milyarder yang gak perlu duit untuk hidup, itu udah kulakuin dari awal malah kalo perlu gak usahlah saya susah-susah cari kerja. Hidup mah harus realistis. Saat itu aku juga ingin mengukur, sampai sejauh mana aku bisa bertahan. Kalo gini doang aku udah nyerah, nanti jika ada masalah yang lebih berat apa aku bisa bertahan, bisa berjuang untuk keluar? No! Setidaknya aku harus nemu solusi, win-win solution untuk hati dan logika. Dan Tuhan pasti gak bakal ngasih kesulitan di luar batas umatNya kan. 

Mungkin saat itu Allah udah kasihan banget kali yah sama aku but it's okay. Dikasihani Allah dan dikasih kesempatan lain adalah salah satu langkah majuku. Alhamdulilah banget dong!

Sampai saat ini aku bersyukur sekali dengan semua pengalaman itu. Pengalaman yang pas aku ceritain sekarang bikin aku senyum-senyum. Hey, aku udah bisa cerita sambil senyum bahkan ketawa ngakak sekarang. Gak perlu mendem lagi. Dan pengalaman itu adalah salah satu batu loncatan aku untuk mendalami dan menemukan apa yang aku anggap passion saat ini. 

In the end everythings gonna be okey kan. Sabr and keep trying and believe with God's scenario.


with love <3

0 comments:

Post a Comment