Wednesday, May 16, 2012

Thai Movie Top Secret

Awalnya karena iseng dan gag ada kerjaan, saya minta film ke temen dan di kasih sebuah film thailand berjudul Top Secret. sempet males nonton karena saya emang gag terlalu suka film thailand dan kemudian karena suntuk berat menghadapi UAS, saya mencoba menonton film ini dan woow... saya menikmati film ini. film ini sangat keren menurut saya dan banyak memberikan motivasi dan pencerahan tentang hidup.

Yaapp.. Judul film Thailand yang sempat saya pandang sebelah mata ini adalag Top Secret a.k.a The Billionaire, sebuah film yang katanya kisah nyata dari seorang pengusaha muda thailand Top Ittipat yang saat ini berumur 26 tahun dab menjadi pengusaha camilan terlaris di thailand.

Ini dia si pengusaha muda itu ^^


Film Top Secret ini rilis tahun 2011 dan dibintangi oleh salah satu aktor yang pernah main di film Suck Seed (Film tentang anak band gitu deh). Awal cerita Top pergi ke bank untuk meminjam uang sebesar 10 juta Bath, karena tidak di hiraukan oleh sang pegawai bank, akhirnya Top menarik perhatian dengan menceritakan masa lalunya.

disini kemudian flashback ke masalalu Top saat menjadi siswa SMA yang merupakan seorang online gamer. disini jiwa bisnis Top mulai tumbuh dengan menjuat item-item game kepada teman sesama gamer. dari uang hasil penjualan item itu, ia dapat membeli banyak komputer di kamarnya sekaligus sebuah mobil.

Orang tuanya yang tidak mengerti tentang 'pekerjaan' Top ini curiga dan kemudian memarahi Top, tapi Top tetap cuek dan terus main game. hingga akhirnya dia lulus dan akan masuk universitas negeri, disini Top di tolak berbagai universitas negeri kemudian orang tuanya ingin Top tetap kuliah, alhasil Top masuk sekolah swasta namun dengan biaya yang mahal.


Bisnis game online Top tutup karena Top telah melanggar peraturan game yaitu memnfaatkan game demi kepentingan komersil. dan Top pun pergi ke toko PS, disana top pun di tipu. hingga akhirnya ia menjual jimat emas ayahnya demi biaya kuliah. disini orang tua Top sudah bangkrut dan meninggalkan utang 40 juta Bath.

Top diajak ibunya untuk pergi mengungsi ke China, namu Top menolak dan terus kuliah sambil berjualan kacang di mall. namun disini Top harus memilih antara kuliah atau bisnis. akhirnya Top memilih bisnisnya, namun bisnis Top di mall tidak berjalan lancar. akhirnya Top pun menyerah dengan bisnis kacangnya

ditengah keputusasaan Top mendapat pencerahan dengan kripik rumput laut. lalu Top memulai usaha lagi dengan membuat kripik rumput laut. usaha Top dimulai dengan membuat kripik rumput laut yang dibuat di rumah. lalu top ingat pelajaran kuliahnya dan Top mencoba mengembangkan sayapnya dengan mengorderkan kripiknya kepada 7eleven.

awalnya Top mendapat masalah karena produknya dinilai mahal dan terlalu besar, namun Top tidak pantang menyerah, dia berusaha memperbaiki mutu kripiknya hingga akhirnya perusahaan 7eleven menerima produknya.

perjuangan Top tidak sia-sia, akhirnya ia dapat melunasi hutang orang tuanya dan mengembangkan pabrik kripiknya, dari produksi rumahan hingga pabrik yang kini memiliki 2000 buruh. Top juga kini menjadi pengusaha muda yang mempunyai pendapatan jutaan dolar.

Ini [kayaknya] Poster filmya

Dari film ini, kita banyak mendapatkan pelajaran tentang arti berjuang, kerja keras dan pantang menyerah. dan film ini recomended banget dah. banyak hal yang dapat merubah sedikit pandangan kita tentang hidup. dan satu lagi, tidak ada yang mustahil bila kita bener-benar yakin dan bersunggug-sungguh untuk meraihnya


-malang-
160512
Continue reading Thai Movie Top Secret

Saturday, May 12, 2012

Skip Beat

Sebuah Cuplikan

Ini ada satu lagi anime yang bagus banget. yapp judulnya Skip Beat. anime 25 series ini merupakan adaptasi dari manga berjudul sama. anime ini belum tamat dan masih berakhir di season 1 dengan akhir yang 'menggantung', entah kapan munculnya season 2 untuk anime ini.. saya sangat menunggunya.

cerita ini bermula dari seorang gadis yang bernama kyoko, gadis ini sangat rajin, pintar dan sebenarnya memiliki bakat terpendam sebagai aktris. kyoko yang merasa dikhianati oleh orang yang di sukainya, sho. merencanakan balas dendam dengan menjadi artis dan ingin mengalahkan kepopuleran sho.



akhirnya kyoko masuk agency saingan sho dan dimulailah kehidupan barunya sebagai calon artis untuk meraih sukses. disini kyoko juga akan bertemu dengan Ren, seorang aktor terkenal. awalnya kyoko membecio Ren, namun kemudian kyoko meyadari bahwa ia mengagumi Ren. dan di akhir episode Ren menyadari bahwa ia menyukai Kyoko.

akhir cerita skip beat versi anime masih nggantung, soalnya disini Kyoko masih belum menyadari perasaanya pada Ren dan kyoko baru menemukan langkah awal menjadi artis.

versi manga dari skip beat masih on-going, dan baru-baru ini sudah ada versi manusianya, yang main adalah angota super junior siwon ama dong hae. tapi versi manusianya merupakan drama mandarin... Tapi terlepas semua itu, Skip Beat merupakan anime yang keren, alur ceritanya bagus dan disini mengajarkan tentang impian. jangan pernah menyerah dengan impianmu. gag ada yang gag mungkin kalo kita berusaha. just do it.

waa.. pokoknya gag sabar banget deh pengen tahu ending cerita skip beat. semoga suatu saat, ada series selanjutnya yang menampilkan hasil akhir anime ini... ^^


-malang-
120512
Continue reading Skip Beat

Wednesday, May 2, 2012

Tujuan, Prinsip dan Fungsi Evaluasi Pendidikan

Pengertian



Evaluasi adalah proses menggambarkan, memperoleh dan menyajikan informasi yang berguna untuk menilai alternatif keputusan. Evaluasi harus bermakna memberikan informasi kepada semua pihak yang terlibat proses pendidikan, yaitu siswa, guru, sekolah, departemen pendidikan nasional dan masyarakat.
Makna evaluasi bagi pihak2 terkait yaitu :

      Siswa sebagai informasi sejauh mana telah menguasai pelajaran, membangkitkan motivasi, mengembangkan cara belajar.
      Guru sebagai informasi mengenai kompetensi siswa, metoda pembelajaran dan materi pelajaran, sebagai umpan balik.
      Sekolah Informasi tentang keberhasilan pembelajaran sesuai dengan kebijakan sekolah
      Orangtu Informasi kemajuan belajar anaknya, dan untuk masukan kepada sekolah
      Diknas Informasi tentang keberhasilan pendidikan sesuai dengan kebijakan departemen DIKNAS
      Masyarakat Informasi tentang keberhasilan sekolah dalam mengelola pembelajaran.

Tujuan evaluasi pendidikan
Tujuan evaluasi adalah untuk melihat dan mengetahui proses yang terjadi dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran memiliki 3 hal penting yaitu, input, transformasi dan output.
Input adalah peserta didik yang telah dinilai kemampuannya dan siap menjalani proses pembelajaran. Dengan penilaian ini, ingin diketahui apakah kelak ia akan mampu mengikuti pelajaran dan melaksanakan tugas-tugas yang akan diberikan kepadanya.
Transformasi adalah segala unsur yang terkait dengan proses pembelajaran yaitu ; guru, media dan bahan belajar, metode pengajaran, sarana penunjang dan sistem administrasi. Sedangkan output adalah capaian yang dihasilkan dari proses pembelajaran.

Fungsi evaluasi pendidikan
a. Fungsi selektif
Dengan cara mengadakan penilain guru mempunyai cara untuk mengadakan seleksi atau penilaian terhadap siswanya. Penilaian itu sendiri memiliki beberapa tujuan, antara lain:
1) Untuk memilih siswa yang dapat diterima di sekolah tertentu
2) Untuk memilih siswa yang dapat naik ke kelas atau tingkat berikutnya.
3) Untuk memilih siswa yang seharusnya mendapat beasiswa
4) Untuk memilih siswa yang sudah berhak meninggalkan sekolah dan sebagainya.

b. Fungsi diagnostik
Apabila alat yang digunakan dalam penilain cukup memenuhi persyaratan. Maka dengan melihat hasilnya, guru akan mengetahui kelemahan siswa. Di samping itu, diketahui pula sebab-sebab kelemahan itu. Jadi dengan mengadakan penilaian, sebenarnya guru mengadakan diagnosis kepada siswa tentang kebaikan dan kelemahannya. Dengan diketahui sebab-sebab kelemahan ini akan lebih mudah dicari cara mengatasinya.
c. Fungsi penempatan
Sistem baru yang kini banyak dipopulerkan di Negara barat adalah system belajar sendiri. Belajar sendiri dapat dilakukan dengan cara mempelajari sebuah paket belajar, baik itu berbentuk modul maupun paket belajar yang lain. Sebagai alas an dari timbulnya system ini adalah adanya pengakuan yang besar terhadap kemampuan individual. Setiap siswa sejak lahirnya telah membawa bakat sendiri-sendiri sehingga pelajaran akan lebih efektif apabila disesuaikan dengan pembawaan yang ada. Akan tetapi disebabkan karena keterbatasan sarana dan tenaga, pendidikan yang bersifat individual kadang-kadang sukar sekali dilaksanakan. Pendekatan yang lebih bersifat melayani perbedaan kemampuan adalah pengajaran secara kelompok. Untuk dapat menentukan dengan pasti di kelompok mana seorang siswa harus ditempatkan, digunakan suatu penilaian. Sekelompok siswa yang mempunyai hasil penilaian yang sama, akan berada dalam kelompok yang sama.
d. Fungsi pengukur keberhasilan modul maupun Fungsi keempat dari evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan. Keberhasilan program ditentukan oleh beberapa factor guru, metode mengajar, krikulum, sarana, dan system administrasi.

Prinsip evaluasi pendidikan
Ada satu prinsip umum dan penting dalam kegiatan evaluasi, yaitu adanya triangulasi, atau adanya hubungan erat antara tiga komponen yaitu :
a) Tujuan pembelajaran
b) Kegiatan pembelajaran atau KBM, dan
c) Evaluasi

Evaluasi sendiri memiliki beberapa prinsip dasar yaitu ;
a. Evaluasi bertujuan membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pembeljaran bagi masyrakat.
b. Evaluasi adalah seni, tidak ada evaluasi yang sempurna, meski dilkukan dengan metode yang berbeda.
c. Pelaku evaluasi atau evaluator tidak memberikan jawaban atas suatu pertanyaan tertentu. Evaluator tidak berwennag untuk memberikan rekomendasi terhadap keberlangsungan sebuah program. Evaluator hanya membantu memberikan alternatif.
d. Penelitian evaluasi adalah tanggung jawab tim bukan perorangan.
e. Evaluator tidak terikat pada satu sekolah demikian pula sebaliknya.
f. evaluasi adalah proses, jika diperlukan revisi maka lakukanlah revisi.
g. Evaluasi memerlukan data yang akurat dan cukup, hingga perlu pengalaman untuk pendalaman metode penggalian informasi.
h. Evaluasi akan mntap apabila dilkukan dengan instrumen dan teknik yang aplicable.
i. Evaluator hendaknya mampu membedakan yang dimaksud dengan evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi program.
j. Evaluasi memberikan gambaran deskriptif yang jelas mengenai hubungan sebab akibat, bukan terpaku pada angka soalan tes.

Evaluasi Pendidikan juga harus mengikuti prinsip-prinsip sbb :
1. Prinsip keterpaduan
Harus ada keterpaduan antara tujuan instruksional , metoda pembelajaran, materi pelajaran
2. Prinsip keterlibatan siswa
Harus memperhatikan segi keterlibatan siswa, Karena evaluasi merupakan bagi siswa. Siswa perlu akan informasi mengenai kemajuan dalam program pembelajaran.
3. Prinsip Koherensi
Evaluasi harus berkaitan dengan materi yang sudah disajikan dan sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Sesuai pula dengan alat evaluasi yang digunakan serta cara penyelenggaraannya
4. Prinsip Pedagogis
Evaluasi diterapkan sebagai upaya perbaikan sikap, memberi motivasi , dan sebagai reward ataupun punishment
5. Prinsip Akuntabilitas
Evaluasi pembelajaran sebagai pertanggungjawaban sekolah kepada orang tua, masyarakat dan departemen/dinas terkait.


-just sharing-
-malang-
02052012
Continue reading Tujuan, Prinsip dan Fungsi Evaluasi Pendidikan