Thursday, September 13, 2012

Kenapa Kita membutuhkan Jaringan Komputer???

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

Manfaat Jaringan Komputer :

1. Membagi sumber daya
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi.

2. Rehabilitas tinggi
Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengcopykan data – data kedua atau tiga komputer.

3. Menghemat biaya
Jaringan komputer, sebuah perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan.

4. Sarana komunikasi
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan berbagai orang di seluruh dunia.

5. Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.

Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa jaringan komputer memang dibutuhkan untuk memaksimalkan kinerja komputer. Dengan adanya jaringan komputer berbagai macam informasi, ilmu serta tukar data dapat dilakukan. Dan hal yang paling membuktikan semua itu adalah bahwa tugas ini memanfaatkan jaringan komputer, seperti menyambung dengan internet untuk mencari referensi serta mengirimkan tugas ini via e-mail. Jadi, jaringan komputer memang sangat diperlukan.

Sumber Referensi

http://itartikel.blogspot.com/2012/04/manfaat-jaringan-komputer.html
http://prima.kurniawan.students-blog.undip.ac.id/2009/07/13/pengertian-jaringan-komputer-dan-manfaatnya/

-malang-
13.09.2012

0 comments:

Post a Comment